merk pil kb yang bagus untuk program hamil
- mom

Ada Merk Pil KB yang Bagus untuk Program Hamil? Mitos atau Fakta?

Pil KB adalah salah satu metode kontrasepsi yang banyak digunakan para wanita untuk mencegah kehamilan. Tapi di sisi lain, beredar mitos yang mengatakan kalau metode ini justru bisa merangsang kehamilan itu sendiri. Benarkah demikian? Jika iya, adakah merk pil KB yang bagus untuk program hamil (promil)?

Ditilik dari namanya sendiri, yakni alat kontrasepsi, kurang tepat jika pil ini digunakan dalam promil. Akan tetapi, berbagai merk pil yang beredar di pasaran memang pada umumnya mengandung hormon estrogen dan progestin. Hormon-hormon ini berfungsi mengubah kondisi lingkungan rahim agar tidak mendukung terjadinya pembuahan dan mengatur jalannya siklus menstruasi.

Nah, terkadang, pada wanita yang siklus haidnya tidak teratur, keduanya justru mampu memberikan efek positif. Yaitu mampu memperbaiki siklus haid yang tidak teratur menjadi teratur. Dengan demikian, masa subur pun jadi lebih mudah diketahui.

Seperti sudah banyak dipahami, berhubungan intim pada masa subur akan meningkatkan kemungkinan terjadinya pembuahan sel telur oleh sperma. Mungkin dari situlah anggapan bahwa metode ini dapat merangsang kehamilan muncul.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa keberhasilan terjadinya kehamilan tidak hanya ditentukan oleh satu faktor saja. Ada peranan suami juga yang perlu diperhitungkan di sana. Selain itu, untuk wanita yang siklus haidnya sudah normal sejak awal, hindari sembarangan mengonsumsi pil ini karena ditakutkan keseimbangan hormonnya justru akan terganggu.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter obgyn atau bidan yang terpercaya. Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa tips berikut ini.

Tunggu Siklus Haid Normal

Jika Anda diizinkan dokter untuk mengonsumsi pil KB dan berencana memulai promil setelahnya, tunggulah sampai siklus haid Anda berjalan normal agar perhitungan masa subur lebih tepat. Jarak antara kembalinya haid setelah berhenti mengonsumsi pil sendiri bisa berbeda pada tiap wanita. Ada yang hanya membutuhkan hitungan hari, ada juga yang perlu menunggu hingga tiga bulan.

Baca Juga :  Waspada Dengan Ciri-Ciri Leukimia

Masa subur umumnya terjadi di hari ke-10 sampai 17 dihitung sejak hari pertama menstruasi. Jika bingung, lakukan hubungan intim secara rutin 3-4 kali seminggu atau gunakan bantuan aplikasi penghitung masa subur yang bisa Anda unduh secara gratis di internet.

Konsumsi Makanan Bergizi

Kondisi kesehatan Anda akan berpengaruh pada kesuburan. Perbanyak makanan sehat, terutama yang mengandung vitamin B, C, D, E, lemak sehat, zat besi, selenium, iron, karbohidrat kompleks, omega3, dan koenzim Q10.

Selain itu, pastikan Anda mengonsumsi setidaknya 0,4 mg asam folat perhari. Asam folat dapat meningkatkan kualitas sel telur dan fungsi ovarium sehingga kesuburan meningkat. Senyawa ini pun penting untuk tumbuh kembang janin dan plasenta. Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan, dan biji-bijian.

Rutinlah Berolahraga

Jangan lupa sediakan waktu untuk berolahraga secara rutin. Jika tidak sempat pergi ke gym atau olahraga di luar, lakukan streching atau olahraga ringan di sela kesibukan Anda. Akan tetapi, hindari berolahraga secara berlebihan karena justru dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang berimbas pada menurunnya kesuburan.

Hindari Merokok

Zat kimia berbahaya dalam rokok dapat mengacaukan keseimbangan hormon dalam tubuh. Rokok juga mempercepat proses kehilangan sel telur sehingga menurunkan potensi hamil. Kalaupun sudah terjadi pembuahan, rokok dapat merusak DNA dan meningkatkan risiko keguguran.

Pada pria, zat dalam rokok juga dapat menurunkan kuantitas dan kualitas sperma, serta menyebabkan disfungsi ereksi. Jika Anda dan pasangan ingin memulai promil, usahakan untuk menghindari rokok sepenuhnya.

About Zulfian Prasetyo

Read All Posts By Zulfian Prasetyo