Ciri-Ciri Leukimia
- mom

Waspada Dengan Ciri-Ciri Leukimia

Belum lama ini berita sedih datang dari putri cantik penyanyi Denada, Shakira Aurum, yang terkena Leukimia. Shakira yang berusia 5 tahun saat ini sedang berjuang melawan penyakit kanker yang menyerang sel darah tersebut. Ternyata leukimia ini memang banyak menyerang anak usia 3-5 tahun dan tidak hanya menyerang anak yang memiliki sejarah keturunan kanker. Untuk itulah mari biasakan hidup sehat dan ketahui 5 faktor penyebab leukimia pada anak berikut ini.

Kanker sel darah putih memang menjadi sebuah momok bagi setiap orang, khususnya bagi para ibu yang memiliki anak. Dimana penyakit ini ternyata banyak menyerang anak usia dini, yaitu pada usia dibawah lima tahun. Penyebabnya tidak hanya dari faktor genetik saja, melainkan juga banyak faktor lain yang bisa menjadi penyebab penyakit leukimia ini. Karena itulah Anda hendaknya memberikan perlindungan ekstra terhadap buah hati Anda ketika dalam aktifitas apapun. Terutama saat dia berada di rumah. Perlindungan tersebut bukan berarti selalu menjaganya setiap saat, namun memberikan berbagai macam pencegahan dengan berabagai macam cara. Untuk itu, Anda harus juga mengerti bagaimana ciri-ciri leukimia untuk lebih mempermudah Anda melakukan tindakan cepat dalam menangani penyakit yang tidak diinginkan ini.

Sering Merasa Lemas

Kelelahan tersebut bisa terjadi karena proses di dalam tubuh orang-orang yang menderita leukimia sangatlah parah. Mungkin bisa saja keliru dengan anemia, hanya saja penderita leukimia akan selalu merasa lelah, dan kelelahan terebut semakin parah. Ketika melihat tanda-tanda seperti ini Anda harus wasapada. Kelelahan tersebut terjadi karena kondisi tubuh anak sedang berada dalam kondisi yang tidak baik. Oleh karenanya Anda bisa memberikan pencegahan dengan selalu memberikan asupan makanan yang cukup kepada anak Anda.

Baca Juga :  Ada Merk Pil KB yang Bagus untuk Program Hamil? Mitos atau Fakta?

Sesak Napas

Berkaitan dengan fungsi organ di dalam tubuh, leukimia memang akan menyerang kondisi tubuh yang sedang mengalami kondisi yang tidak fit. Sedikit saja tubuh mendapat kondisi yang buruk, maka akan sangat berpengaruh, seperti ketika sesak nafas, maka yang terserang adalah paru-paru dan yang berkaitan dengan tenggorkan.

Memar Yang Tiba-Tiba

Memar bisa saja terjadi karena benturan keras. Namun dengan penyakit leukimia ini tubuh tidak mempunyai sistem imun yang baik. Sehingga akan membuat tubuh yang mengalami luka tidak akan mudah sembuh meski dalam jangka waktu yang lama. Dalam kondisi yang parah, luka akan cepat menyebar dan semakin parah.

Pendarahan

Pendarahan tersebut juga sama halnya dengan ciri-ciri leukimia sebelumnya. Dimana saat pendarahan maka akan sangat sulit sekali untuk mengering.

Petechiae

Pendarahan bagian dalam tubuh yang terlihat dari luar seperti memar. Hal ini terjadi pada penderita leukimia. Kondisi tersebut harus segera dilakukan pengobatan sehingga membuat penyakit tidak cepat menyebar dan bisa tertangani dengan lebih baik.

Gusi Membengkak

Saraf bagian gigi juga akan bereaksi terhadap kanker sel darah putih tersebut. Dimana banyak bakteri yang menyerang mulut tidak bisa tertangani dengan baik hingga membuat gusi akan membengkak, bahkan bisa lebih parah lagi hhingga berdarah.

Merasa Kembung

Mungkin kembung bisa dikategorikan sebagai sebuah penyakit yang biasa. Hanya saja, ketika terjadi kembung dalam jangka waktu yang lama, hal itu bisa jadi adalah ciri-ciri leukimia yang menjadi momok banyak orang.

Berbagai macam cir-ciri leukimia tersebut harus diketahui dengan sangat baik. Sehingga tidak akan menjadikan kita salah langkah dalam penanganannya.