penyakit kulit pada bayi
- mom

Penyakit Kulit Pada Bayi Dan CaraMengatasinya

Semuaorang pernah terserang penyakit, beragam penyakit yang ada dapat menyerangseseorang ketika dalam kondisi tubuh yang kurang fit. Begitu juga dengan bayi. Bayiadalah yang paling rentan terhadap berbagai penyakit, tidak seperti manusiadewasa, yang paling sering di jangkit adalah penyakit kulit pada bayi.

Yanglebih mengkhawatirkan, karena kondisi tubuh bayi masih rentan, sistem kekebatantubuh si bayi jugabelum sekuat orang dewasa. Karena itu, bayi yang terkenajenis penyakit apapun harus segera di atasi. Hal ini agar tidak menimbulkanpenyakit lainya. Penyakit kulit pada bayimemang tanpak biasa saja, tetapi bila tidaksegera di atasi akibatnya bisa sangat berbahaya. Untuk mengatasinya sebaiknyaanda tahu terlebih dahulu jenis oenyakit kulit yang kerap di derita bayi.

Jenis Penyakit Kulit pada Bayi

Andaharus mengetahui penyakit kulit pada bayi agar bisa mendeteksinya dan cepat memberikan penanganan yang terbaik,lalu apa sajakah itu silahkan simak dibawah ini?

  • Dermatitis Kontak

Sering dikenal  sebagai alergi kulit pada bayi, ketika bayi mengalami masalah ini maka gejala yang timbul bisa seperti munculnya  peradangan, muncul ruam – ruam yang berukuran besar, perasaan gatal yang sangat hebat, dan juga perasaan panas seperti terbakar. Mengapa bisa demikian? Karena kulit bayi tersebut telah bersentuhan dengan bahan tertentu yang sangat sensitive sehingga menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

Bagamana menanganinya? caranya  adalah anda bisa menggunakan deterjen dan juga pelembut pakaian yang sangat aman untk bayi anda.

  • Biang Keringat

Penyakit kuli ini adalah yang sangat sering terjadi pada bayi. Biang keringat tersebut akan menimbulkan gejala – gejala berupa timbulnya bitnik – bintik memerah yang akan terus menyebar di bagian leher, paha, dada, dan juga bokong anda. Tentnya sensasi atau perasaan gatal karena biang keringat ini yang membuat bayi anda rewel dan sering sekali menangis

Baca Juga :  2 Cara Membuat Squishy Mudah dan Bisa Mama Praktikkan di Rumah

Cara mengatasinya adalah anda harus bisa menjaga kebersihan pakaian yang akan dan dikenakan bayi anda, pilihlah pakaian bayi yang berukurang longgar dan tipis. Ketika pakaian bayi anda basah maka harus segera mengganti pakaian bayi anda yang telah basah oleh keringat.

  • Intertrigo

Intertrigo adalah sebuah kondisi peradangan yang terjadi pada lipatan – lipatan permukaan kulit bayi, contohnya lipatan pada lutut, paha, dan ketiak. Tentunya penyakit ini sering sekali dialami oleh bayi yang mengalami kelebihan berat badan.

Bagaimana mengatasinya? Pada dokter tersebut akan meyarankan menggunakan pelembab khusus  pada daerah lipatan – lipatan yang mengalami peradangan. Pelembab ini akan berfungsi sebagai peminimalisir gesekan – gesekan yang terjadi pada lipatan kulit anda sehingga resiko luka dan juga peradangan bisa sedikit teratasi

  • Eksim

Penyakit ini biasanya akan dialami oleh bayi semenjak ia berusia 3 sampai 4 bulan. Penyakit ini juga dikenal dengan dermatitis. Tentunya akan membuat kulit bayi tersebut akan meradang dan bisa menimbulkan gelembung – gelembung kecil. Gelembung – gelembung ini selain bisa menimbulkan perasaan gatal tentu akan membuat bayi tidak nyaman.

Salah satu pemicu eksim yang terjadi pada bayi tersebut ternyata sangatlah beragam. Dimana salah satu penyebabnya adalah riwayat penyakit eksim pada keluarga. Pada tingkat tertentu memang sensitivitas terhadap bahan – bahan tertentu bisa juga dapat menyebabkan eksim pada kulit bayi.

Denganbegini anda bisa menerapkan penanganan yang tepat pada penyakit kulit pada bayi.