slime dan squishy
- mom

Cara Membuat Slime dan Squishy Dari Spons Cuci Piring

Banyak hal yang bisa kita lakukan agar anak-anak bisa banyak belajar sekaligus bermain. Memunculkan kreatifitas anak-anak tidak perlu membutuhkan biaya yang mahal. Dengan membuat slime dan squishy sendiri di rumah juga bisa Anda lakukan dengan mudah sekaligus memberikan pembelajaran yang sangat baik bagi si kecil. Cara membuat squishy dari spons cuci piring pun bisa Anda lakukan bersama-sama dengan sang buah hati, agar si kecil selalu mendapatkan banyak pembelajaran dari apapun yang ada di sekitarnya.

Siapkan Sponge Yang Tebal Dan Empuk

Anda bisa menggunakan beberapa spons yang mudah Anda temukan di rumah. Banyak spons yang bisa digunakan untuk membuat slime dan squishy tersebut, seperti spons untuk mencuci mobil, atau juga spons yang biasa Anda gunakan untuk mencuci piring. Tentunya bahan-bahan tersebut sangat mudah ditemukan di rumah.  Meskipun juga ketika tidak ada di rumah, Anda tahu dimana harus mendapatkannya. Namun ketika Anda mendapatkan spons bekas, Anda hendaknya mencucinya. Karena spons ini nantinya bakal menjadi squishy yang akan dimainkan oleh sang buah hati. Anak-anak memiliki kerentanan yang lebih tinggi terhadap penyakit. Dengan spons bekas, tentunya bisa berbahaya bagi tubuh si kecil. Jadi Anda hendaknya mencucinya dengan sangat bersih sebelum melanjutkan proses selanjutnya.

Gunakan Sabun Bayi Agar Squishy Lebih Lembut

Tekstur unik dari squihsy adalah kelembutannya. Anda bisa membuat spons yang Anda gunakan menjadi lebih lembut dengan merendamnya di dalam air hangat. Untuk lebih memaksimalkan kelembutan dari spons tersebut Anda bisa menambahkan sabun bayi. Setelah itu Anda harus membilasnya dengan bersih tanpa sisa sabun yang menempel pada spons.

Siapkan Cat Timbul Yang Aman

Proses berikutnya adalah dengan mengecatnya dengan menggunakan cat timbul. Cat timbul yang bisa Anda pilih adalah produk cat yang aman jika digunakan untuk anak-anak. Cat timbul ini biasanya memang digunakan untuk pewarnaan mainan anak. Sehingga memang benar-benar aman untuk digunakan. Dalam mengecatnya, Anda harus memastikan bahwa sponge yang digunakan memang benar-benar kering. Hal itu akan membuat hasil squishy lebih maksimal.

Baca Juga :  Peringkat Susu Formula Terbaik UntukSi Kecil

Proses selanjutnya adalah Anda bisa memotonganya sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Ada banyak bentuk yang tentunya sangat diinginkan oleh si kecil. Anda tinggal menyesuaikan dengan keinginan dari si kecil. Setelah mendapatkan bentuk yang sesuai dengan keinginan Anda, kemudian proses pewarnaan. Pewarnaan ini menggunakan cat timbul yang aman untuk anak-anak. Namun jika Anda kesulitan untuk mendapatkannya, Anda bisa menggunakan lem kayu putih yang dicampurkan dengan pewarna makanan. Setelah itu lakukanlah pengecatan sesuai dengan keinginan Anda atau anak Anda. Pada proses ini Anda bisa meminta si kecil untuk mewarnai sesuai dengan keinginannya. Namun Anda harus menambahi ketebalan catnya agar hasil dari squsihy nantinya terlihat sangat baik. Semakin tebal pewarnaan, maka akan semakin baik.

Simpan Squishy Buatan Ke Dalam Plastik Kedap Udara

Setelah proses pewarnaan squishy dikeringkan. Setelah itu dimasukkan ke dalam kantong kedap udara. Pastikan benar-benar tidak ada udara yang masuk. Baru setelah itu disimpan di lemari pendingin selama 24 jam.